Skip to main content

Contactless payment atau pembayaran nirsentuh saat ini semakin banyak digunakan masyarakat. Meningkatnya transaksi contactless secara global makin mengurangi keperluan membawa uang cash. Contactless payment ini dikenal aman, karena kasir tidak perlu memegang kartu sehingga tidak dapat melihat data-data penting seperti nomor kartu, expiry date, dan 3 digit cvv.

Merujuk data dari Visa Consumer Payment Attitudes Study 2022, dalam periode pandemi Covid-19 (2020-2021), terjadi pertumbuhan baik dalam jumlah pengguna maupun frekuensi penggunaan untuk lebih dari separuh konsumen di Asia Tenggara. Sebanyak 44% konsumen di Asia Tenggara menggunakan kartu contactless

Dengan metode ini, pelanggan hanya perlu mendekatkan atau menyentuhkan kartu pembayaran atau perangkat pintar yang mendukung teknologi Near Field Communication (NFC) di dekat area pembaca EDC, tanpa perlu menyisipkan kartu ke dalam slot seperti pada metode pembayaran konvensional.

Kendati demikian, metode pembayaran nirsentuh ini memiliki batas transaksi. Jumlah yang diperbolehkan untuk transaksi nirsentuh bervariasi menurut negara dan bank. Di Indonesia sendiri transaksi di atas Rp 1 juta tetap memerlukan PIN maupun tanda tangan sebelum dapat disetujui.

Hadirnya metode pembayaran nirsentuh ini memudahkan transaksi konsumen dengan lebih cepat dan efisien. Hal ini yang membuat banyak bank mulai mengaplikasikan pembayaran tap-and-go tersebut. Salah satu bank yang mulai menerapkan metode pembayaran ini adalah BRI. 

Bekerjasama dengan PCS Payment, BRI menghadirkan pembayaran contactless pada  EDC PCS x BRI yang saat ini telah tersebar sebanyak 60.000+ di seluruh Indonesia. Tidak hanya pembayaran contactless, EDC PCS x BRI juga menerima metode pembayaran lainnya seperti, QRIS, debit, kredit, E-Wallet termasuk Brizzi, dan lain sebagainya.

Logo sinyal gelombang yang terdapat di bagian atas mesin menjadi tanda pengenal bahwa EDC tersebut mendukung pembayaran contactless. Keuntungan dari penggunaan pembayaran contactless ini adalah dapat memangkas antrian panjang pada saat merchant sedang dalam kondisi ramai. 

Penggunaan metode ini mempercepat proses pembayaran, karena transaksi dapat dilakukan dengan cepat dan efisien tanpa harus menunggu waktu yang lama untuk verifikasi atau tanda tangan. Hal ini membuat proses pembayaran menjadi lebih lancar dan mengurangi waktu tunggu bagi para pelanggan yang ingin melakukan transaksi.

Dengan adopsi teknologi pembayaran yang semakin luas, EDC PCS x BRI yang menghadirkan metode pembayaran contactless akan semakin mempermudah dan mempercepat transaksi, menghadirkan efisiensi yang lebih tinggi dalam berbagai transaksi bisnis. Sebagai hasilnya, perkembangan ekonomi digital akan semakin berkembang pesat, dan pelanggan serta merchant dapat menikmati kemudahan dan keamanan dalam proses pembayaran mereka. 

Dengan demikian, metode pembayaran contactless melalui EDC PCS x BRI tidak hanya menjadi langkah maju, tetapi juga membawa manfaat yang nyata bagi seluruh ekosistem bisnis dan masyarakat.

Leave a Reply