Skip to main content

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin maju, kecerdasan buatan semakin marak terdengar di telinga masyarakat. Salah satu kecerdasan buatan yang kerap ditemui masyarakat adalah chatbot.

Singkatnya, chatbot merupakan program komputer yang dirancang untuk dapat memberikan respon otomatis sesuai konteks yang di input oleh pengguna baik melalui teks maupun audio. Dengan kata lain, chatbot memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi secara interaktif dua arah seperti berbicara dengan teman, tetapi dalam bentuk robot virtual.

Chatbot mempunyai banyak keuntungan seperti mengotomatiskan alur kerja dan membebaskan karyawan dari tugas yang berulang. Chatbot dapat secara konsisten menyediakan layanan pelanggan 24 jam secara instan yang dapat menangani berbagai pertanyaan dan masalah, serta membuat pelanggan lebih nyaman mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan. 

Banyaknya manfaat dari chatbot ini membuat banyak bisnis di Indonesia menggunakan chatbot untuk memaksimalkan interaksi dengan pelanggan mereka di berbagai bidang industri, mulai dari keuangan, ritel, telekomunikasi, hingga layanan kesehatan. 

Salah satu bisnis yang menerapkan chatbot adalah Tokopedia yang menghadirkan virtual assistant bernama TANYA. Berbasis Artificial-Intelligence, TANYA berperan sebagai persona untuk chatbot dan seluruh sistem otomatisasi dari layanan digital yang disediakan oleh Tokopedia Care. 

Bisnis lain yang menggunakan chatbot ialah Segari, yang mentransformasi layanan pelanggannya secara digital melalui aplikasi WhatsApp. Dalam bidang lainnya chatbot turut membawa keuntungan, seperti yang dirujuk dari jurnal Pemanfaatan Chatbot pada Masa Pandemi Covid-19 karangan Shiddiq Sugiono, dipaparkan bahwa chatbot pada masa pandemi berkontribusi berperan menyelesaikan permasalahan kesehatan sehingga mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs).

Banyaknya manfaat yang diberikan oleh chatbot membuat PCS Group turut menghadirkan virtual assistant bernama PISA. Virtual assistant PISA ini tersedia 24 jam setiap harinya, sehingga konsumen tidak perlu bingung jika mendapatkan masalah terkait EDC diluar waktu kerja. 

PISA berperan sebagai persona untuk seluruh sistem otomatisasi dari layanan digital yang disediakan oleh PCS Group. PISA dapat menangani berbagai pertanyaan dan masalah yang dihadapi oleh pelanggan, serta membuat pelanggan lebih nyaman mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan. 

Segala kendala EDC yang ditemui pelanggan dapat cepat diselesaikan oleh PISA. Untuk berkonsultasi terkait EDC dan pertanyaan lainnya dapat menghubungi virtual assistant PISA melalui link berikut ini wa.me/628170700727

Leave a Reply